Skip to main content

Asli Indonesia BATIK

Oke kali ini saya bakalan share sedikit karya apa sih yang udah terkenal di manca negara ?
Udah pada tau kan Batik itu asli 100% dari INDONESIA ga ada dari negara lain.

apa itu batik ?
batik berasal dari bahasa Jawa yaitu "Amba" yang arti nya menulis dan titik,kata batik ini merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan "Malam" yang diaplikasi ke atas kain,sehingga menahan masuknya bahan pewarna.udah pada tau kan batik itu apa


awal mula batik itu sejak kapan sih ?
awal mula batik di kenalkan itu sejak zaman kerajaaan Majapahit terus berkembang pada kerajaan dan raja raja berikutnya.

Batik mulai meluas dan menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa setelah akhir abad ke XVII atau awal abad ke XIX.batik yang di hasilkan semuanya itu batik tulis sampai abad ke XX dan batik cap dikenal setelah perang dunia ke I sekitar tahun 1920.adapun kaitannya dengan penyebaran ajaran Islam.banyak sekali daerah daerah pusat perbatikan di Jawa,Batik juga menjadi alat perjuangan ekonomi oleh tokoh pedagang Muslim melawan perekonomian Belanda.

Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya pun untuk pakaian raja dan keluarga serta pengikutnya.oleh sebab itu banyak pengikut raja yang tinggal di luar kraton,maka kesenian batik ini dibawa keluar dan dikerjakan di tempat masing masing.lama lama batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangga untuk mengisi
waktu luang.batik yang tadinya hanya dipakai oleh keluarga kraton,kemudian batik menjadi pakaian rakyat yang digemari,baik wanita maupun pria.kain yang digunakan waktu itu ialah hasil tenunan sendiri.indonesia kan dikenal sebagai negeri 1000 pulau kan sob ? nah bahan bahan pewarna batik nya ini diambil dari tumbuhan asli Indonesia seperti : pohon mengkudu,tinggi,soga,nila dan bahan sodanya dibuat dari soda abu,serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.gimana indonesia kaya akan hasil alam bukan ?

Berikut ini beberapa daerah penghasil batik di Indonesia

Surakarta (Solo)

Di surakarta ini merupakan pusat batik yang telah menjadi bagian ekonomi tradisional dari penduduk daerah tersebut.pola
dan motif tradisional khas solo ialah :
Sido Mulyo (Simbol kebahagian dan kaya)
Sido Dadi(Simbol kemakmuran,kebahagiaan dan kaya)
Satrio Wibowo(Simbol dengan pria / wanita dengan martabat)
Tikel Asmorodono (Simbol cinta yang diberikan oleh orang lain)
Kampoeng Batik Laweyan (Batik Desa Laweyan) merupan tempat yang di kenal sebagai produsen atau pembuat batik yang terletak di desa tradisional yang penuh dengan bangunan kuno berarsitektur belanda dengan jalannya yang sempit,khas desa di Indonesia ini.

Yogyakarta


Di Yogyakarta ini dikenal sebagai pusat seni dan budaya Jawa Klasik dan Batik menjadi produksi utama mereka.pola dan motif khas Batik Yogyakarta sebagian besar terdiri dari :
Parang
Ceplok
Sido Mukti
Truntum
Kawung
Pasar Tradisional Bringhardjo adalah salah satu tempat penting bagi para pedangang batik dan itu menjadi titik pertemuan bagi perusahaan skala kecil dan menengah untuk melakukan bisnis.

Cirebon

Daerah ini merupakan area yang penting untuk produksi batik di pantai utara Jawa.salah satu sentra produksi batik di cirebon adalah batik Trusmi.pola dan motif batik cirebon ini  :
Motif Kesultanan Kasepuahan yang dipengaruhi oleh ajaran Islam yang melarang menggambar desain hewan di batik.
Motif Kesultanan Kanoman yang memungkinkan seniman menggambar dan mendesain hewan di batik.

Pekalongan

Pekalongan merupakan daerah produksi utama batik dengan desain utara jawa pesisir.sebagaian besar batik yang diproduksi dalam motif warna warni dipengaruhi oleh Cina,Arab dan Belanda.Pasar batik yang terkenal di Pekalongan adalah Pasar Grosir Setono.

Madura

Salah satu sentra produksi batik yang terkenal di Madura terletak di Tanjung Bumi,50 Kilometer dari Bangkalan karakteristik Batik ini ialah dalam warna dan desain.sebagian besar pengrajin batik di daerah madura ini menghasilkan batik tulis.

Bali

Batik bali ini memiliki karakteristik yang berbeda.titik menarik dari batik ini ialah pada kebebasan dalam merancang motif dan warna yang cerah.kain batik selendang yang dihiasi dengan desain bunga modern  banyak diproduksi dalam jumlah besar.kain selendang menjadi ikon cendera mata khas bali.

NB : Kalian tau kan (Alm) Presiden Afika Selatan Nelson Mandela ? beliau juga cinta terhadap Negara kita Indonesia ini buktinya


Sumber :
http://batikpekalongan.wordpress.com/2007/09/26/asal-batik/
http://pesonabatik.site40.net/Sejarah_Batik.html
http://blog.rumahbatikamel.com/2012/04/22/pusat-produksi-batik-di-indonesia/

Comments

Popular posts from this blog

Uniknya Rumah Adat Mbaru Niang

Di Indonesia kaya akan budaya setiap daerah pasti memiliki ciri dan budaya yang khas.seperti di sebuah desa di Flores terdapat suku bernama Wae Rebo yang memilik Rumah Adat yang begitu unik.untuk dapat sampai ke Wae Rebo ini bisa ditempuh menggunakan perjalanan darat dari Ruteng menuju ke Desa Dintor dengan medan yang berkelok kelok.Dari Dintor,jalan menanjak melewati pematang sawah dan mengikuti jalan setapak dari Sebu sampai Denge berlanjut lagi menuju Sungai Wae Lomba.setelah sungai anda akan tiba di Desa Wae Rebo.

[ Part 1 ] Selamat Datang

Hari Senin hari dimana Upacara Bendera dilakukan setiap Hari Senin oleh seluruh Pelajar di Indonesia. “Kak udah kamu siapin semua perlengkapan sekolah kamu ? hari ini hari pertama kamu disini” . Tanya mamah. “udah kok mah aku udah siapin,aku berangkat yah”. “iya hati hati yah”. Bel tanda upacara dimulai berbunyi siswa siswi pun segera ke lapangan untuk mengikuti Upacara Bendera.seorang siswa terlihat kebingungan mencari sesuatu di tas & kolong mejanya berharap mendapatkan sesuatu yang dia cari. “Lo lagi ngapain ?” tanya seorang siswa lainnya. “ini topi gue kayanya ketinggalan dirumah deh gue cari dikolong meja di tas gue engga ada” “yah terus gimana ?” “engga tau gue bingung nih kalo gue ngumpet nanti ada guru yang keliling,gue kena bisa-bisa gue ke BK” “pake aja punya gue” seseorang dari belakang memberikan topinya. “hah ? serius lo ? makasih ya,eh tapi gue belum pernah liat lo.lo anak baru ya ?” “hei kalian yang masih didalam kelas cepat keluar!!” b