Skip to main content

New Media



Definisi New Media

New Media adalah media yang didalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. Itu artinya terdapat konvergensi media di dalamnya, dimana beberapa media dijadikan satu, itu baru disebut new media. Contohnya : Seperti QuickTime movies, suara yang dimasukkan secara terpisah dan berjalan selama film berjalan. Karena tiap-tiap elemen memiliki independensi masing-masing, maka masing-masing dapat dimodifikasi / di-edit kapanpun.
New Media adalah media dapat mengoperasikan sifat otomatis dalam berbagai perangkatnya. Contohnya: Program edit gambar seperti Photoshop dapat dengan otomatis memperbaiki gambar hasil scan, membersihkan gambar dan meningkatkan kontras gambar.

Komponen New Media

Pada New Media dibutuhkan beberapa komponen, komponen yang dibutuhkan oleh New Media diantaranya :
  • Handphone
  • Komputer
  • Internet


Manfaat New Media

New Media memiliki manfaat untuk kita, dengan New Media kita akan mendapatkan Informasi – informasi dengan mudah dan cepat, berikut ini manfaat New Media :
  • Bidang Pendidikan.

Dengan adanya E-Book,sangat memudahkan mahasiswa untuk belajar dan mencari materi serta lebih praktis.
  • Bidang Pencarian Kerja

Memudahkan seseorang untuk mengetahui lowongan pekerjaan disuatu tempat.
  • Bidang Sosial

Dengan hadirnya Facebook, Twitter, Yahoo, Blog, hal tersebut sangat membantu untuk kita berinteraksi dengan seseorang.
  • Bidang Jual Beli

Bidang ini juga adalah bidang yang bayak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama” enak , sebagai contoh adalah pembeli yang mempunyai sifat malas untuk dating ke store” yang menjual barang yang di inginkan  dapat mengakses website strore yang memiliki barang yang di inginkan.

Kekurangan New Media

Selain memiliki kelebihan/manfaat, New Media juga mempunya kekurangan. Berikut ini kekurangan dari New Media :
  1. Rawan akan pencurian data, karena data dikirimkan secara online otomatis semua orang bisa mengakses hal tersebut. Contohnya saja hacker yang selalu saja bisa membobol privasi seseorang dan mencuri data data pentingnya.
  2. Virus, tidak dapat dipungkiri hal yang satu ini adalah yang paling sering ditemukan. Contohnya dengan mengirimkan aplikasi aplikasi yang tidak dikenal oleh user, ditambah dengan sikap penasaran si user tersebut untuk mencoba aplikasi tersebut yang ternyata adalah sebuah virus komputer.
  3. Sifat malas, dengan mudahnya untuk mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita akan merasa malas untuk berpergian, karena semua tugas, pekerjaan semua bsia diakses dan dikerjakan secara online. Jadi hanya tinggal duduk di depan komputer dan mengerjakan tugas -tugas tersebut dan akan lebih cepat selesai tentunya.


Pengertian Augmented Reality

Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (realtime).Teknologi baru ini, yang disebut Augmented Reality disingkat AR, di mana teknologi ini akan menipiskan batas antara apa yang nyata dan apa yang dihasilkan komputer sehingga kita dapat melihat, mendengar, merasa dan mencium.Bayangkan diri Anda berjalan atau mengemudi di jalan, dengan Augmented Reality, elemen-elemen digital grafis akan muncul di bidang yang Anda pandang, seperti pada kacamata atau pada kaca depan mobil Anda.




  Metode untuk menampilkan Augmented Reality

  • Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)

Ada beberapa metode yang digunakan pada Augmented Reality salah satunya adalah Marker Based Tracking.Marker biasanya merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer akan mengenali posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan 3 sumbu yaitu X,Y,dan Z.

  • Markerless Augmented Reality

Salah satu metode Augmented Reality yang saat ini sedang berkembang adalah metode "Markerless Augmented Reality", dengan metode ini pengguna tidak perlu lagi menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital.

  • Face Tracking

Dengan menggunakan alogaritma yang mereka kembangkan, komputer dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung, dan mulut manusia, kemudian akan mengabaikan objek-objek lain di sekitarnya seperti pohon, rumah, dan benda-benda lainnya.

  • 3D Object Tracking

Berbeda dengan Face Tracking yang hanya mengenali wajah manusia secara umum, teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua bentuk benda yang ada disekitar, seperti mobil, meja, televisi, dan lain-lain.
  • Motion Tracking

Pada teknik ini komputer dapat menangkap gerakan, Motion Tracking telah mulai digunakan secara ekstensif untuk memproduksi film-film yang mencoba mensimulasikan gerakan.
Contohnya pada film Avatar, di mana James Cameron menggunakan teknik ini untuk membuat film tersebut dan menggunakannya secara realtime.

  • GPS Based Tracking

Teknik GPS Based Tracking saat ini mulai populer dan banyak dikembangkan pada aplikasi smartphone (iPhone dan Android).
Dengan memanfaatkan fitur GPS dan kompas yang ada didalam smartphone, aplikasi akan mengambil data dari GPS dan kompas kemudian menampilkannya dalam bentuk arah yang kita inginkan secara realtime, bahkan ada beberapa aplikasi menampikannya dalam bentuk 3D.

Pengertian Virtual Reality (VR)

Virtual Reality (VR) atau Realias Maya adalah teknologi yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan simulasi komputer baik berdasarkan objek nyata maupun animasi. Secara sederhana, Virtual Reality adalah pemunculan gambar-gambar tiga dimensi yang di bangkitkan komputer, yang terlihat nyata dengan bantuan sejumlah peralatan tertentu. Ciri terpentingnya adalah dengan menggunakan perangkat yang dirancang untuk tujuan tertentu, teknologi ini mampu menjadikan orang yang merasakan dunia maya tersebut terkecoh dan yakin bahwa yang dialaminya adalah nyata. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual,yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik,tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil penginderaan, seperti suara melalui speaker atau headphone. Virtual reality disingkat dengan VR yang dapat menciptakan sebuah simulasi dunia tiga dimensi.




Elemen Virtual Reality adalah :

  • Virtual World/Dunia Virtual yaitu content dari sebuah medium yang diberikan. Dapat berupa screen play/script. Aktor yang memperagakan permainan memungkinkan kita untuk mengalami virtual world.
  • Immersion yaitu sensasi berada di dalam sebuah lingkungan. Di bagi menjadi beberapa jenis yaitu :
                   - Mental immersion   : suspension of disbelief
                   - Physical immersion : secara badan/fisik memasuki media 
                   - Mentally immersed  : sensasi user berada di dalam virtual environment

  • Sensory Feddback yaitu informasi mengenai virtual world ditampilkan ke indra user. Dapat bersifat secara visual (paling umum), audio, atau sentuhan.


  • Interactivity : Virtual World merespon aksi user. Komputer membuat hal ini menjadi mungkin dan real time.

Salah satu contoh aplikasi virtual reality yang digunakan pada saat ini yaitu dalam bidang militer. Virtual reality dipakai untuk melakukan simulasi latihan perang, simulasi latihan terjun payung. dan sebagainya. Dimana dengan pemakaian teknologi ini bisa lebih menghemat biaya dan waktu dibandingkan dengan cara konvensional.
           
Nama Kelompok :

  1. Aldo Ferdiansyah
  2. Muhammad Faqih Sulaiman
  3. Ito Jenius
  4. Satria Nursetia Nugraha
  5. Febry Yanto Pranata Limbo

Sumber :

http://bloginfkotak.blogspot.com/2012/11/pengertian-dari-virtual-reality-cloud.html
http://yanceqalam.wordpress.com/2013/10/13/virtual-reality-vr-peg-tek-internet-dan-new-media/
http://laoderahmatputra.blogspot.com/2013/10/pengertian-new-media.html
http://lhiasusan20.blogspot.com/2013/11/new-media-definisi-pandangan-manfaat.html
http://arif17official.blogspot.com/2012/09/teknologi-internet-dan-new-media.html

Comments

Popular posts from this blog

Asli Indonesia BATIK

Oke kali ini saya bakalan share sedikit karya apa sih yang udah terkenal di manca negara ? Udah pada tau kan Batik itu asli 100% dari INDONESIA ga ada dari negara lain. apa itu batik ? batik berasal dari bahasa Jawa yaitu "Amba" yang arti nya menulis dan titik,kata batik ini merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan "Malam" yang diaplikasi ke atas kain,sehingga menahan masuknya bahan pewarna.udah pada tau kan batik itu apa

Uniknya Rumah Adat Mbaru Niang

Di Indonesia kaya akan budaya setiap daerah pasti memiliki ciri dan budaya yang khas.seperti di sebuah desa di Flores terdapat suku bernama Wae Rebo yang memilik Rumah Adat yang begitu unik.untuk dapat sampai ke Wae Rebo ini bisa ditempuh menggunakan perjalanan darat dari Ruteng menuju ke Desa Dintor dengan medan yang berkelok kelok.Dari Dintor,jalan menanjak melewati pematang sawah dan mengikuti jalan setapak dari Sebu sampai Denge berlanjut lagi menuju Sungai Wae Lomba.setelah sungai anda akan tiba di Desa Wae Rebo.

[ Part 1 ] Selamat Datang

Hari Senin hari dimana Upacara Bendera dilakukan setiap Hari Senin oleh seluruh Pelajar di Indonesia. “Kak udah kamu siapin semua perlengkapan sekolah kamu ? hari ini hari pertama kamu disini” . Tanya mamah. “udah kok mah aku udah siapin,aku berangkat yah”. “iya hati hati yah”. Bel tanda upacara dimulai berbunyi siswa siswi pun segera ke lapangan untuk mengikuti Upacara Bendera.seorang siswa terlihat kebingungan mencari sesuatu di tas & kolong mejanya berharap mendapatkan sesuatu yang dia cari. “Lo lagi ngapain ?” tanya seorang siswa lainnya. “ini topi gue kayanya ketinggalan dirumah deh gue cari dikolong meja di tas gue engga ada” “yah terus gimana ?” “engga tau gue bingung nih kalo gue ngumpet nanti ada guru yang keliling,gue kena bisa-bisa gue ke BK” “pake aja punya gue” seseorang dari belakang memberikan topinya. “hah ? serius lo ? makasih ya,eh tapi gue belum pernah liat lo.lo anak baru ya ?” “hei kalian yang masih didalam kelas cepat keluar!!” b