Skip to main content

Gimana sih cara mencari peluang usaha di bidang IT ?

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai peluang usaha dalam bidang IT. Sebelum membahas mengenai peluang usaha dalam bidang IT, Kalian tau ga sih apa itu peluang usaha ?. Peluang yaitu kesempatan yang datang pada waktu tertentu dan usaha adalah upaya yang dilakukan seseorang untuk mendapat hasil yang diinginkan. Terus gimana caranya mencari peluang di bidang IT ?. 

Untuk mencari peluang bisnis dalam bidang IT kita harus mempelajari apa alasan kita untuk memulai usaha dan goal/tujuan yang ingin dicapai serta harus ada kemauan dan modal. Selain itu untuk mencari peluang bisnis kita harus melakukan survey lingkungan tempat yang akan dijadikan tempat usaha. Berikut ini adalah tips untuk mencari peluang usaha yang potensial :
  • Cari usaha yang berpotensi menghasilkan
Penghasilan merupakan tujuan utama dalam potensi usaha itu sendiri. semakin banyak penghasilan semkin besar kesempatan yang diperoleh. Contohnya ika kalian tinggal di lingkungan yang dekat dengan lembaga pendidikan seperti Universitas usaha yang paling potensial untuk dilankan adalah usaha yang ada kaitannya dengan mahasiswa contoh usaha seperti warnet, foto copy.

  • Amati apa yang paling dibutuhkan
Hal yang paling penting dalam usaha adalah mengamati/analisa lingkungan tempat kita tinggal. Kita harus sering sering melihat apa sih yang lagi dibutuhkan saat ini dan waktu yang akan datang. Contohnya makanan, makanan merupakan kebutuhan pokok untuk setiap orang apabila di lingkungan tersebut tinggi minat konsumsi makanan maka buat usaha bidang kuliner dengan memanfaatkan teknologi seperti layanan order online
  • Manfaatkan usaha yang telah ada 
Memanfaatkan usaha yang ada merupakan peluang yang besar jadi kalian tidak lagi memulai usaha secara mandiri. Hanya perlu menawarkan kerjasama kepada orang yang mau diajak bekerjasama. Contohnya anda bekerja sebagai penjual atau yang bertugas memasarkan produk..

Nah diatas merupakan tips untuk mencari peluang usaha yang potensial lalu bagimana peluang usaha dalam bidang IT ?. Berikut beberapa peluang usaha dibidang IT :

  • Web Development

Jasa pembuatan website merupakan peluang yang menjanjikan di bidang IT dimana hampir setiap orang pasti menggunakan internet dan itu menjadikan web designer sebagai pekerjaan yang sangat menjanjikan.
  • Membuat Startup
Startup adalah sebutan untuk pengusaha yang tengah merintis bisnis bidang IT. ada banyak jasa yang ditawarkan seperti: website, mobile application, desktop app. Bisnis startup mengutamakan content yang menarik dan kreatif aga r diminati oleh masyarakat. 
  • Jasa Desain Grafis
Jasa pembuatan desain grafis merupakan usaha yang seringkali banyak diminati oleh masyarakat. Bagaimana tidak tingginya permintaan disebabkan oleh promosi produk yang butuh tampilan menarik dan unik. minat untuk mencoba ?
  • Youtuber
Youtuber sebutan orang orang yang aktif di media Youtube, ini merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan dimana orang orang bebas berkreasi menyalurkan bakatnya melalui media youtube dan mendapatkan keuntungan berupa uang dan popularitas dari konten yang diupload.
  • Blogger 
Blogger adalah orang yang aktif di blog yang seringkali menuliskan content berupa artikel atau tulisan tulisan yang menarik dan unik untuk dibaca. ini merupakan peluang usaha yang cukup diminati oleh masyarakat dimana bisa memperoleh keuntungan berupa uang  dari hasil postingan dan iklan yang ada di blog tersebut. 

Itu dia beberapa peluang usaha dalam bidang IT kalian tertarik yang mana ? 

Setelah kita mencari & mendapatkan peluang usaha langkah selanjutnya yaitu melakukan tahapan tahapan dalam mengembangkan usaha yang telah dibangun. Apa aja sih tahapan tahapan dalam usaha ?.

  • Manajemen Keuangan
Walaupun membosankan dan cukup memusingkan, pembukuan, sistem akuntansi, manajemen rekod, pajak, penagihan, asuransi, penyusunan anggaran adalah hal-hak utama yang harus Anda lakukan jika Anda ingin usaha Anda berjalan lancar. Serahkanlah tugas ini pada ahlinya jika Anda tidak mampu menanganinya.

  • Manajemen Hukum
Pastikanlah semua kegiatan usaha Anda sah dan terlindungi secara hukum mulai dari perijinan, kontrak kerja, kontrak dengan pemasok dan karyawan, hak cipta, atau merek dagang.

  • Manajemen Umum
Perencanaan, pengelolaan, penetapan sumber daya manusia, pengarahan hingga pengawasan adalah aktifitas manajemen yang harus diterapkan setiap hari agar kegiatan perusahaan berjalan lancar. Bidang iniumumnya dilakukan oleh pimpinan.

  • Pemasaran
Pemasaran artinya menyalurkan pesan ke pasar agar konsumen mengetahu dan tertarik untuk memebli produk/jasa yang ditawarkan. 4 (empat) unsur tradisional yang membentuk pemasaran adalah produk, harga, promosi dan distribusi/lokasi. Setiap unsur tersebut harus dikoordinasikan dengan baik agar tampil sempurna di mata konsumen lewat iklan, paket penjualan, dan kegiatan promosi lainnya.

  • Produksi
Apapun jenisnya, Anda menghasilkan suatu produk atau jasa yang harus dijual ke pasar. Artinya Anda harus selalu memastikan proses produksi berjalan lancar agar mampu menghasilkan produk/jasa yang berkualitas kapan dan dimana pun dibutuhkan. Banyak hal-hal yang mempengaruhi untuk mencapai proses produksi yang efektif dan efisien seperti teknologi, sistem operasi, sumber daya manusia dan lain-lain.

  • Manajemen Kantor
Usaha Anda tentunya memerlukan tempat dimana Anda bisa memproduksi produk/jasa, mesin dan peralatan yang diperlukan. Memastikan setiap ruang, furniture, dan peralatan lainnya tertata dengan baik agar usaha Anda berjalan teratur juga memerlukan perencanaan yang baik. Beberapa unit usaha menugaskan seseorang yang tugasnya mengelola kebutuhan kantor sehari-hari.



Sumber : 
http://www.ruangfreelance.com/ide-peluang-usaha/
https://www.idjoel.com/pengertian-peluang-usaha/
http://seribupeluang.blogspot.com/2015/09/tips-mencari-peluang-usaha-potensial.html
http://entrepreneurshiplearningcenter.blogspot.co.id/2013/06/tahapan-mengembangkan-usaha-kecil-dan.html

Comments

Popular posts from this blog

Asli Indonesia BATIK

Oke kali ini saya bakalan share sedikit karya apa sih yang udah terkenal di manca negara ? Udah pada tau kan Batik itu asli 100% dari INDONESIA ga ada dari negara lain. apa itu batik ? batik berasal dari bahasa Jawa yaitu "Amba" yang arti nya menulis dan titik,kata batik ini merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan "Malam" yang diaplikasi ke atas kain,sehingga menahan masuknya bahan pewarna.udah pada tau kan batik itu apa

[ Part 1 ] Selamat Datang

Hari Senin hari dimana Upacara Bendera dilakukan setiap Hari Senin oleh seluruh Pelajar di Indonesia. “Kak udah kamu siapin semua perlengkapan sekolah kamu ? hari ini hari pertama kamu disini” . Tanya mamah. “udah kok mah aku udah siapin,aku berangkat yah”. “iya hati hati yah”. Bel tanda upacara dimulai berbunyi siswa siswi pun segera ke lapangan untuk mengikuti Upacara Bendera.seorang siswa terlihat kebingungan mencari sesuatu di tas & kolong mejanya berharap mendapatkan sesuatu yang dia cari. “Lo lagi ngapain ?” tanya seorang siswa lainnya. “ini topi gue kayanya ketinggalan dirumah deh gue cari dikolong meja di tas gue engga ada” “yah terus gimana ?” “engga tau gue bingung nih kalo gue ngumpet nanti ada guru yang keliling,gue kena bisa-bisa gue ke BK” “pake aja punya gue” seseorang dari belakang memberikan topinya. “hah ? serius lo ? makasih ya,eh tapi gue belum pernah liat lo.lo anak baru ya ?” “hei kalian yang masih didalam kelas cepat keluar!!” b

Mengenalmu

Tentang kamu....yang membuatku merangkai kata demi kata. Tentang kamu yang selalu ada dalam benakku. Kamu... yang selalu aku sebut dalam setiap do'a. Memandangmu saja, begitu membuatku tenang. Ingin rasanya berada disampingmu, menikmati setiap moment yang silih berganti. Bercanda gurau membicarakan hal hal yang kita suka. Hal konyol menjadi topik yang membuatmu tertawa. Mengenalmu saja sudah membuatku bahagia. Andai... Andai saja aku mengenalmu lebih dulu. Mengenalmu lebih dari sudut pandangku.