Skip to main content

Grid Computing

Pengertian Grid Computing

Grid Computing pada dasarnya adalah sebuah konsep computing yang mengolah unit komputasi yang berbeda untuk memproses serta menangani suatu tugas. Tugas yang ditangani ini dibagi menjadi beberapa sub bagian lalu tugas tersebut kembali dikirim menjadi satu bagian utuh untuk dijadikan output. Jadi Grid Computing adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah untuk memecahkan persoalan komputasi skala besar.


Cara Kerja Grid Computing

Menurut Ian Foster ada check list yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi suatu sistem melakukan grid computing yaitu :
  • Sistem melakukan koordinasi dengan sumber daya komputasi yang berada diluar kendali pusat.
  • Sistem menggunakan protokol dan standar yang bersifat terbuka. grid computing disusun dari kesepakatan masalah fundamental, dibutuhkan untuk mewujudkan komputasi bersama dalam skala besar. kesepakatan dan standar yang dibutuhkan adalah bidang autentikasi, otorisasi, sumber daya, dan akses sumber daya.
  • Sistem berusaha mencapai kualitas layanan yang canggih yang jauh dari kualitas layanan komponen individu.

Komponen Grid Computing


  • Gram (Grid Resources Allocation & Management) dibuat untuk mengatur sumber daya komputasi dalam sistem grid computing. Pengaturan seperti eksekusi program , inisiasi, monitoring, penjadwalan dan koordinasi proses pada sistem.
  • RFT/Grid FTP (Reliable File Transfer/Grid File Transfer Protocol) dibuat untuk mengakses data berukuran besar dari semua simpul komputasi yang terhubung.
  • MDS (Monitoring and Discovery Service) dibuat untuk memonitor proses komputasi yang sedang dijalankan agar mendeteksi masalah yang timbul dengan segera. fungsi discovery disini untuk mengetahui keberadaan sumber daya komputasi beserta karakteristiknya.
  • GSI (Grid Security Infrastructure) dibuat untuk mengamankan sistem grid computing. Dengan menerapkan mekanisme keamanan komponen komputasi grid, sistem dapat diakses secara luas. Sistem keamanan dibangun dengan komponen yang telah diuji mencakup proteksi data, autentikasi, delegasi dan autorisasi.

Contoh Grid Computing


  • Scientific Simulation, Komputasi grid diimplementasikan di bidang fisika, kimia, dan biologi untuk melakukan simulasi terhadap proses yang kompleks.
  • Medical Images, Penggunaan data grid dan komputasi grid untuk menyimpan medical-image. Contohnya adalah e-Diamond project.
  • Computer-Aided Drug Discovery (CADD), Komputasi grid digunakan untuk membantu penemuan obat. Salah satu contohnya adalah: Molecular Modeling Laboratory (MML) di University of North Carolina (UNC).
  • Big Science, Data grid dan komputasi grid digunakan untuk membantu proyek laboratorium yang disponsorioleh pemerintah Contohnya terdapat di DEISA.
  • E-Learning, Komputasi grid membantu membangun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dalam pertukaran informasi dibidang pendidikan. Contohnya adalah AccessGrid.
  • Visualization, Komputasi grid digunakan untuk membantu proses visualisasi perhitungan yang rumit.
  • Microprocessor design, komputasi grid membantu untuk mengurangi microprocessor design cycle dan memudahkan design center untuk membagikan resource lebih efisien. Contohnya ada di Microprocessor Design Group at IBM Austin.



Comments

Popular posts from this blog

Asli Indonesia BATIK

Oke kali ini saya bakalan share sedikit karya apa sih yang udah terkenal di manca negara ? Udah pada tau kan Batik itu asli 100% dari INDONESIA ga ada dari negara lain. apa itu batik ? batik berasal dari bahasa Jawa yaitu "Amba" yang arti nya menulis dan titik,kata batik ini merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan "Malam" yang diaplikasi ke atas kain,sehingga menahan masuknya bahan pewarna.udah pada tau kan batik itu apa

[ Part 1 ] Selamat Datang

Hari Senin hari dimana Upacara Bendera dilakukan setiap Hari Senin oleh seluruh Pelajar di Indonesia. “Kak udah kamu siapin semua perlengkapan sekolah kamu ? hari ini hari pertama kamu disini” . Tanya mamah. “udah kok mah aku udah siapin,aku berangkat yah”. “iya hati hati yah”. Bel tanda upacara dimulai berbunyi siswa siswi pun segera ke lapangan untuk mengikuti Upacara Bendera.seorang siswa terlihat kebingungan mencari sesuatu di tas & kolong mejanya berharap mendapatkan sesuatu yang dia cari. “Lo lagi ngapain ?” tanya seorang siswa lainnya. “ini topi gue kayanya ketinggalan dirumah deh gue cari dikolong meja di tas gue engga ada” “yah terus gimana ?” “engga tau gue bingung nih kalo gue ngumpet nanti ada guru yang keliling,gue kena bisa-bisa gue ke BK” “pake aja punya gue” seseorang dari belakang memberikan topinya. “hah ? serius lo ? makasih ya,eh tapi gue belum pernah liat lo.lo anak baru ya ?” “hei kalian yang masih didalam kelas cepat keluar!!” b

Mengenalmu

Tentang kamu....yang membuatku merangkai kata demi kata. Tentang kamu yang selalu ada dalam benakku. Kamu... yang selalu aku sebut dalam setiap do'a. Memandangmu saja, begitu membuatku tenang. Ingin rasanya berada disampingmu, menikmati setiap moment yang silih berganti. Bercanda gurau membicarakan hal hal yang kita suka. Hal konyol menjadi topik yang membuatmu tertawa. Mengenalmu saja sudah membuatku bahagia. Andai... Andai saja aku mengenalmu lebih dulu. Mengenalmu lebih dari sudut pandangku.